SELAMAT DATANG DI DUNIA PUTRI, JANGAN SERIUS-SERIUS YAAAA BACANYA, SERIUSIN PACAR KAMU AJAA~

Sabtu, 12 April 2014

Cara Mengembalikan Kepercayaan Pasangan

Percaya.
Sebuah kata singkat namun sulit untuk dilakukan, terlebih untuk seseorang yang pernah dikecewakan.
Menurut gue sih lebih mudah mempercayai seseorang yang baru kita kenal ketimbang mempercayai seseorang yang pernah kita percaya namun malah mengecewakan.
Berkali-kali gue mencoba percaya sama pasangan gue tapi berkali-kali juga gue dibuat kecewa.
Yah, makanya sekarang gue orangnya agak insecure sama pasangan.
Kasian pasangan gue juga sih sebenernya tapi gue traumaaaa sama yang kemareeen :((( #TetepCurcol #AkuRapopo

Oh iya gue kutip beberapa dari situs All Women Stalk tapi tetep dengan gaya bahasa gue, ini dia nih langkah-langkah yang bisa diterapkan biar pasangan bisa percaya lagi setelah lo ngecewain mereka.
Ya, bisa sih dilakuin tips-tips dibawah ini tapi jangan keseringan ngecewainnya yah siap-siap aja ditinggalin hihihi cekidot~~~

1. Akui Kesalahan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakui kesalahan kalian. Kuncinya, minta maaf sama dia dan kasih tau kalau lo bener-bener nyesel. Ucapin penyesalan itu dengan tulus dari hati dan siap buat berubah jadi lebih baik. Karena mengakui kesalahan bisa ngebuat pasangan mulai mempercayai lo lagi. Jangan udah ketauan salah tapi malah tetep aja melakukan pembelaan-pembelaan yang ngebuat lo malah terlihat bodoh.

2. Tunjukin Kalau Lo Bener-Bener Menyesal
Setelah meminta maaf karena udah merusak kepercayaan pasangan, tunjukin kalau lo bener-bener menyesal. Ingetin diri sendiri biar gak mementingkan ego demi memperbaiki hubungan kalian. Terus jangan mengulangi kesalahan yang sama untuk mengembalikan kepercayaan si dia. Mungkin gak semudah teorinya sih tapi kalau lo emang bener-bener gak mau kehilangan pasangan lo, ya lo harus berusaha.

3. Sabar
Semua orang butuh proses untuk percaya lagi setelah dikhianati. Nah! Makanya, lo harus sabar nunggu dia ngembaliin kepercayaan itu sedikit demi sedikit. Gak mungkin kan lo abis ngecewain dia terus dia tetep biasa aja kayak biasanya pas lagi gak ada masalah? Yaelah Bro, pasangan lo manusia kali bukan tembok jadi doi juga punya hati. Biarin aja dia sendiri dulu buat tenangin hati. Tapi bukan berarti lo cuma diem aja, perbaiki kesalahan yang udah lo perbuat sambil ngeyakinin dia kalo lo bener-bener menyesal.

4. Berubah
Lo harus bener-bener berubah untuk menebus kesalahan yang udah lo lakukan. Jangan berubah buat sehari dua hari atau seminggu dua minggu tapi buat seterusnya. Gak perlu mengubah semua sikap atau sifat lo, tapi cukup ngelakuin perubahan kecil yang bisa ngembaliin kepercayaan pasangan, misalnya memperbaiki komunikasi kalian, berusaha tidak menutup-nutupi hal sekecil apapun atau menjauhkan hal-hal yang dapat membuat pasangan kecewa. Dengan begitu dia pasti ngerasa lo hargain banget. Sebenernya banyak hal kecil yang bisa kita lakuin dan itu bisa ngebuat pasangan jadi lebih ngerasa kita hargain :))

5. Perhatikan Hal yang Kecil dari Pasangan
Perhatikan juga hal-hal kecil yang diperlukan pasangan. Mungkin dia lagi butuh dukungan lo karena pekerjaannya cukup berat saat ini atau dia lagi ada masalah keluarga jadi butuh seseorang untuk diajak bertukar pikiran atau hanya sekedar untuk mengobrol. Coba kasih perhatian lebih biar dia tau kalau lo sedang berusaha memperbaiki hubungan kalian.

6. Jangan Pernah Berbohong
Kalo mau dipercaya, jangan pernah berbohong sekalipun. Sekali lo bohong, sulit buat dia mempercayai lo lagi. Makanya berusahalah untuk jujur walaupun kenyataan tersebut ‘pahit’ bagi lo atau pasangan. Lebih baik disakiti karena kejujuran ketimbang dibahagiakan oleh kebohongan. Karena menurut gue, sekecil apapun kebohongan yang kita simpan lambat laun akan terungkap juga. Jadi buat apa 'selamat' saat ini kalau nantinya malah bakal jadi boomerang buat diri sendiri?

7. Jangan Sebarkan Masalah ke Temen
Jangan suka cerita-cerita ke semua temen lo tentang masalah yang lagi lo alamin sama pasangan lo. Ini salah satu langkah ampuh buat ngembaliin kepercayaan dia. Kalau lo ceritain masalah lo sama orang lain, mereka bakal ngasih saran sesuai sama yang mereka liat. Hal itu bukannya ngebantu malah ngebuat masalah makin panjang. Makanya kalo ada masalah coba selesaiin masalah dalam hubungan hanya berdua sama pasangan. Lagian mana lo tau kan temen lo itu respect atau nggak sama pasangan lo. Bagus kalo respect jadi dia bakal ngasih masukan positif. Lah kalo nggak? Yang ada lo malah dikompor-komporin kan?

8. Berlaku Bijaksana
Coba berlaku bijaksana biar gak nimbulin permasalahan baru sama pasangan. Rencanain sesuatu yang bisa menghangatkan hubungan kalian lagi, misalnya pergi jalan atau nonton setelah nyelesaiin masalah. Hal itu bakal ngebuat dia makin yakin kalau lo serius pengen memperbaiki kesalahan. Jangan malah selalu nyari pembenaran. Kalo gitu gak kelar-kelar berantemnya. Yang ada dia malah jadi ilfeel lagi sama lo.

9. Jangan Buat Kesalahan yang Sama
Cara terakhir ini yang paling penting dilakuin biar pasangan percaya lagi sama lo. Jangan ngebuat kesalahan yang sama sehingga bikin dia kecewa lagi. Berusaha semaksimal mungkin biar dia yakin kalau lo bisa diberikan kesempatan kedua. Karena menurut gue kalo seseorang udah dua kali melanggar kepercayaan pasangannya, maka orang itu gak pantes buat dikasih kesempatan lagi. Karena apa? Ya berarti dia saat melakukan kesalahan itu dalam keadaan sadar, bukan khilaf. Karena gak ada yang namanya khilaf berkali-kali. Itu namanya niat :D

1 komentar: